Merak-Banyuwangi Bakal Tersambung dengan Tol?

By SEMANGAT BANYUWANGI - April 11, 2015


Jakarta -Konsep proyek Trans Jawa merupakan jaringan tol yang menghubungkan Cikampek (Jawa Barat) hingga Surabaya (Jawa Timur) sepanjang 615 km yang targetnya tuntas 2019. Ruas-ruas tol Trans Jawa yang kini masih banyak yang terputus, ruas-ruas ini akan terkoneksi dengan ruas-ruas tol non Trans Jawa.

Di sisi timur, khususnya di Jawa Timur, beberapa rencana tol baru sedang disiapkan pemerintah, namun kini masih tahap persiapaan pengadaan jalan tol. Sedangkan di sisi barat, akan tersambung tol baru ke sisi Merak, ada tambahan ruas baru agar sampai ke pelabuhan sepanjang 3 km.

Tol Trans Jawa juga akan terkoneksi dengan jaringan tol non Trans Jawa yang akan memotong tol ini di sisi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Selama ini tahapan pengusahaan pengadaan sebuah jalan tol mencakup beberapa tahap antara lain tahapan persiapan, pelelangan, pendanaan, perencanaan teknik, pengadaan tanah, konstruksi, pengoperasian, dan pemeliharaan. Tahap persiapan mencakup pra studi kelayakan finansial, studi kelayakan, dan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL)

Berikut gambaran tentang rencana jaringan Tol Trans Jawa dan Non Trans Jawa. Bila keduanya terbangun maka sisi barat dan timur Jawa dari Merak, Banten hingga Banyuwangi Jawa Timur akan tersambung dengan tol.


Sumber: http://finance.detik.com/read/2015/04/10/171415/2883937/4/merak-banyuwangi-bakal-tersambung-dengan-tol


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar