Ekspor-Impor Banyuwangi-Singapura Hanya 5 Hari

By SEMANGAT BANYUWANGI - April 22, 2015

Ekspor-Impor Banyuwangi-Singapura Hanya 5 Hari


Banyuwangi, JMOL – Kegiatan ekspor-impor dari Banyuwangi ke Singapura, dan sebaliknya, kini bisa ditempuh hanya dalam waktu lima hari. Hal itu diungkapkan oleh General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), Bangun Swastanto.
Ia menjelaskan, kini Pelindo III Cabang Tanjung Wangi memberikan peluang bagi masyarakat Banyuwangi yang akan melakukan kegiatan ekspor maupun impor barang dengan menggunakan container ‘port to port’, melalui Pelabuhan Wangi dengan tujuan PSA (Port Authority of Singapore).

Kini Banyuwangi memiliki peranan penting dalam proses logistik dan menjadi pintu gerbang perdagangan barang, baik dari dalam dan luar negeri. “Kami akan terus mendukung dan membuka jalan bagi masyarakat Kabupaten Banyuwangi dan sekitar, agar memiliki perputaran roda perekonomian barang,” ungkapnya.
Setelah barang sampai di Pelabuhan Singapura, yang merupakan pelabuhan transit, selanjutnya barang akan didistribusikan ke negara tujuan masing-masing. “Kami menggandeng perusahaan pelayaran PT Lintas Cahaya Abadi untuk beroperasi di Pelabuhan Tanjung Wangi, dengan kapalnya MV New Light yang mampu mengakut sebanyak 350 kontainer yang berukuran 20 feet atau 175 kontainer yang berukuran 40 feet,” jelasnya.
Ia berharap, para pengusaha di Kabupaten Banyuwangi, Jember, Situbondo dan Bondowoso untuk mengirimkan barang baik hasil industri, hasil olahan makanan, kerajinan, buah, ikan dan sebagainya melalui Pelabuhan Tanjung Wangi. Sehingga, pengiriman barang bisa lebih efektif dan efisien, lebih murah jika dibandingkan melalui Surabaya, yang saat ini lewat transportasi darat ke Surabaya.[DAMAR]
Sumber: http://jurnalmaritim.com/2015/04/ekspor-impor-banyuwangi-singapura-hanya-5-hari/

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar