9 Pantai Di Banyuwangi Yang Wajib Di Kunjungi

By SEMANGAT BANYUWANGI - April 14, 2015

Twitter: @TelukHijauBWI

  • 1. Pantai Teluk Hijau
  • Teluk ijo berlokasi di Kecamatan Pesanggaran tepatnya di desa Sarongan. Berjarak sekitar 90 km arah selatan dari kota Banyuwangi. Untuk menuju pantai ini dari Banyuwangi kita tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Pesanggaran-Sarongan-Sukamade yang masih satu jalur dengan rute menuju pantai sukamade Taman Nasional Merubetiri.
    Teluk Hijau memiliki keunikan pasir putih yang halus dan mudah melekat di kulit. Teluk yang memiliki panorama air laut berwarna hijau dengan hamparan pasir putih dan air terjun setinggi 8 meter. Diujung barat dan timur juga terdapat batuan karang. Memiliki air laut yang jernih dan berwarna kehijauan dan suasana yang asri membuat siapapun yang melihatnya merasa kagum. Disini kita bisa berenang atau sekedar bermain air dipantainya. Di sisi timur ada sebuah air terjun air tawar dengan debit yang sedang dan biasa dipakai uuntuk membilas badan selepas berenang dipantai. Untuk yang suka camping dilokasi ini juga cukup bagus untuk mendirikan tenda.

    Rute pada google maps
    Lihat Lihat pada google maps
    Untuk kendaraan bisa diparkir di dekat pantai Rajagwesi kemudian berjalan menuju teluk ijo sejauh +/- 2km. Ada juga tempat parkir yang lebih dekat dengan teluk ijo, tp jalan yang akan dilalui berupa jalan yang sangat rusak.
    Penujuk arah menuju Teluk ijo sudah cukup jelas, jadi tidak usah takut nyasar.
  • Twitter: @TelukHijauBWI

    Twitter: @TelukHijauBWI

    Twitter: @TelukHijauBWI

    Twitter: @TelukHijauBWI

    Twitter: @TelukHijauBWI

    Twitter: @TelukHijauBWI

    Twitter: @TelukHijauBWI

    Twitter: @TelukHijauBWI

    Twitter: @TelukHijauBWI

    Twitter: @TelukHijauBWI

    Twitter: @TelukHijauBWI

    Twitter: @TelukHijauBWI

    Twitter: @TelukHijauBWI

  • 2. Pantai Plengkung
  • Pantai Plengkung atau biasa di sebut dengan G-Land, adalah salah satu pantai di Banyuwangi dan telah populer di kenal sebagai “The Seven Giant Waves Wonder” yang diberikan oleh seorang peselancar dunia atas gulungan ombaknya yang memukau.
    Pantai ini terletak sebagai bagian dari Taman Nasional Alas Purwo dan ombak di pantai ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia, dengan ombak setinggi 4-6 meter sepanjang 2Km dalam formasi 7 gelombang bersusun. Untuk itu, tidak salah bahwa pantai Plengkung merupakan surga bagi para peselancar profesional dunia yang ingin menaklukkan desiran ombak G-Land ini.
    Selain di Plengkung, hanya di Hawaii, Australia, dan Afrika Selatan saja yang memiliki ombak dasyat seperti itu. Ombak di Plengkung adalah nomor dua setelah Hawaii dan yang memiliki ombak terus menerus sepanjang tahun. Puncak ombak di Plengkung hanya ada di bulan-bulan tertentu antara April hingga Agustus. Oleh karena itu tidaklah mengherankan Plengkung sudah lima kali menjadi ajang surfing internasional.
    Nama G-Land mengindikasikan dari kata Grajagan, yaitu nama dari sebuah teluk. G-land atau Pantai Plengkung ini dikelilingi oleh hutan tropis yang masih alami dan indah, sehingga menawarkan satu paket komplit untuk berwisata dan berolah raga.




  • 3. Pantai Pulau Merah
  • Pulau merah ada di bagian selatan dari Kabupaten Banyuwangi dan anda harus menempuh sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota. Beruntung bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata ini karena aksesnya yang mudah. Di sini ada pulau kecil yang jika diamati mirip seperti bukit dengan tanahnya yang berwarna merah. Suatu kebanggaan bagi warga Banyuwangi karena pantai ini pernah dijadikan sebagai tempat kompetisi selancar Internasional yang digelar pada tahun 2013.


Twitter: @PulauMerahBWI

Twitter: @PulauMerahBWI

Twitter: @PulauMerahBWI

Twitter: @PulauMerahBWI

Twitter: @PulauMerahBWI

Twitter: @PulauMerahBWI

  • 4. Pantai Watu Dodol
  • Watu Dodol, pantai ini dinamai demikian karena kita bisa menjumpai banyak batu yang berserakan di sepanjang pantai. Lokasiny ada di bagian utara Banyuwangi yang berbatasan langsung dengan Situbondo. Pantai ini ada tepat di sebelah jalan sehingga bagi para wisatawan yang kebetulan melewati jalur pantura bisa menikmati semilir angin pantai Watu Dodol. Kekhasan pantai ini ditandai dengan adanya patung penari Gandrung dan batu raksasa. Jika pantai selalu memiliki air asin, pantai Watu Dodol memiliki spot unik dimana ada mata air tawar yang alirannya menuju pantai tersebut.





  • 5. Pantai Rajeg Wesi
ajeg Mesi ada di desa Sarongan, Pesanggaran yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Jika anda berkendara dari kota Banyuwangi, anda harus bersiap untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh. Anda tidak akan merasa bosan selama di perjalanan karena akan ditemani oleh hamparan perkebunan hijau. Pantai ini dibatasi oleh bukit hijau. Pasir pantai yang putih dan air yang masih jernih membuktikan bahwa pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Udara di pantai ini tidak sepanas wilayah pantai pada umumnya karena letaknya yang berdekatan dengan gunung. Pantai ini dinyatakan aman untuk kegiatan renang karena ombaknya yang tidak terlalu tinggi.







  • 6. Pantai Sukamade
  • Salah satu pantai dengan keindahan tiada tara yang ada di Banyuwangi adalah pantai Sukamade dengan air yang bersih dan kawasan yang masih terjaga kealamiannya. Di sini anda dapat mengamati konservasi penyu yang mulai punah. Untuk bisa mencapai pantai ini, anda harus benar-benar memiliki fisik yang kuat karena medan yang berat. Persiapkanlah alat rekam gambar yang anda miliki untuk mengabadikan sudut-sudut pantai yang eksotis.





  • 7. Pantai Bama
  • Pantai Bama masih termasuk dalam Cagar Alam Baluran. Kondisinya masih sangat asri dan tidak kalah eksotis dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Disini anda juga bisa melihat hutan bakau. Untuk bersantai bersama keluarga anda bisa menikmati beberapa spot terbuka. Air lautnya masih jernih dan tidak terlalu dalam sehingga anak-anak masih bisa bermain dengan pengawasan orang tua. Terumbu karang dengan warnanya yang beragam bisa anda lihat dengan mata telanjang. Anda juga bisa menyelam ke dasar pantai untukmelihat dari dekat keberadaan terumbu karang yang berjejer. Akses perjalanan ke pantai ini relative terjal sehingga anda diharapkan memakai alas kaki yang nyaman. Selama menempuh perjalanan, ada pemandangan hutan tropis dan burung liar yang bisa anda saksikan.



  • 8. Pantai Grajagan
  • Sebuah pantai indah di selatan Banyuwangi, berderet bersama Pantai PlengkungPulau Merah, dan Pesanggaran. Meski tidak seterkenal Plengkung dan Pulau Merah, namun Pantai Grajagan sejak lima tahun terakhir mulai dilirik peselancar dunia.
    Grajagan terletak sekitar 52 km ke arah selatan dari Kota Banyuwangi. Posisi pantainya strategis menjadi pintu gerbang menuju ke Pantai Plengkung. Grajagan berada di
    kawasan seluas 314 hektar di hutan KPH Banyuwangi Selatan, terletak di desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.
    Pantainya luas diselimuti oleh pasir hitam, memiliki gua dan bukit yang sangat indah. Ketika Anda berada di sana maka akan melihat hamparan pantai dan bukit yang menjulang tinggi di tepi pantai. Menikmati suasana pantai dengan deburan ombak laut lepas dari atas shelter dan 3 gua peninggalan tentara Jepang pada masa Perang Dunia II.
    Anda juga dapat menyaksikan langsung aktifitas nelayan di pagi hari saat berangkat mencari ikan dan menurunkan ikan hasil tangkapannya. Belilah beberapa jenis ikan laut hasil tangkapan nelayan atau mengapa tidak memancingnya secara langsung.





9. Pantai Boom
Pantai Boom adalah sebuah pantai yang terletak di Kelurahan Kampung MandarKecamatan BanyuwangiBanyuwangiJawa Timur. Pantai ini dulunya merupakan pelabuhan. Saat ini aktifitas pelabuhan masih ada namun tidak terlalu ramai. Pantai ini menjadi salah satu tujuan untuk berkumpul bagi kawula muda di Banyuwangi. Selain itu, biasanya pada Minggu pagi pantai ini ramai dikunjungi oleh warga Banyuwangi.




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar