Warga Banyuwangi Ikuti Kursus 3 Bahasa Asing Gratis

By SEMANGAT BANYUWANGI - Mei 21, 2015


Warga Banyuwangi Ikuti Kursus 3 Bahasa Asing Gratis


TEMPO.COBanyuwangi - Sebanyak 3.009 warga desa se-Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengikuti kursus tiga bahasa asing, yakni Inggris, Mandarin, dan Arab. Pemerintah daerah setempat mengalokasikan anggaran Rp 1,8 miliar untuk menyelenggarakan kursus gratis bagi warga.


Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan selama ini kursus bahasa asing hanya bisa diikuti oleh warga yang berduit dan tinggal di perkotaan. Padahal, warga di pedesaan juga akan terdampak pembangunan global seperti Masyarakat Ekonomi Asean. “Karena lembaga kursus itu pasti berbayar, mana mungkin warga desa bisa ikut?” kata Azwar seusai peresmian program kursus tiga bahasa asing itu di Pendopo Kabupaten, Kamis, 21 Mei 2015.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Sulihtiyono menjelaskan kursus bahasa asing itu digelar di 217 desa dan kelurahan seluruh Banyuwangi selama tiga bulan. Kursus Bahasa Inggris diikuti oleh 205 kelompok, Bahasa Mandarin 27 kelompok, dan Bahasa Arab 20 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 10-12 peserta dan dilatih oleh instruktur khusus. “Honor instruktur sebesar Rp 3 juta,” kata Sulihtiyono.

Setelah mengikuti kursus, pemerintah kabupaten akan menggelar ujian tertulis untuk seluruh peserta. Peserta yang memenuhi kriteria penilaian, akan mendapatkan sertifikat berstandar internasional dari Kementerian Pendidikan Nasional .

Mulyani, 31 tahun, seorang ibu rumah tangga, menjadi salah satu peserta kursus Bahasa Inggris. Menurut dia, dari 12 peserta kursus, delapan di antaranya adalah ibu rumah tangga. Mulyani mengikuti kursus karena ingin mendampingi anaknya saat belajar. “Apalagi Bahasa Inggris juga penting untuk masa depan,” kata ibu dua anak ini. Ia mengikuti kursus di balai desa tiga kali dalam satu pekan. Kursus digelar tiap pukul 15.00 - 17.00.

Nanang Maulana, 24 tahun, memilih mengikuti kursus Bahasa Arab. Alasannya, karena dia ingin mengambil pasca-sarjana di salah satu kampus di Thailand. “Masuk test kuliahnya harus bisa Bahasa Arab dan Inggris,” kata mahasiswa semester 6 di Banyuwangi ini.

IKA NINGTYAS

Sumber: http://nasional.tempo.co/read/news/2015/05/21/078668175/Warga-Banyuwangi-Ikuti-Kursus-3-Bahasa-Asing-Gratis?utm_source=%23info&utm_medium=%23banyuwangi+

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar