Di Banyuwangi, Ada Rumah Singgah yang Gratis untuk Traveler

By SEMANGAT BANYUWANGI - Mei 23, 2015



detikTravel Community -  Mungkin tidak semua kota punya rumah yang seperti ini. Di Banyuwangi, Jawa Timur ada Rumah Singgah yang memperbolehkan traveler menginap secara gratis. Keren!

Rumah Singgah Banyuwangi terletak di depan Stasiun Karangasem Banyuwangi. Jika kamu keluar dari stasiun kamu tinggal berbelok 15 meter ke arah kiri. Rumah singgah ini dibangun oleh  Mas Meyhesa Rahmat pada Mei 2014 yang lalu. Hingga saat ini rumah singgah ini selalu ramai didatangi oleh para backpacker dari berbagai daerah yang berkeinginan mengeksplore wisata yang ada di Banyuwangi.

Menurut Mas Rahmat tujuan dari rumah singgah yang didirikannya adalah sebagai tempat ajang tali silaturahim sesama pejalan. Di mana tanpa ada unsur apapun di dalamnya, tanpa ada unsur bisnis.

Di sini mengutamakan jalan-jalan mengelilingi Banyuwangi dengan sistem sharing cost atau join trip. Seperti yang saya alami sendiri, dari Jakarta ke Banyuwangi seorang diri namun pada saat sampai di Rumah Singgah Banyuwangi bertemu dengan pejalan lainnya dan akhirnya saya bergabung dengan mereka sehingga anggaran perjalanan yang saya lakukan saat di Banyuwangi jauh lebih hemat.

Mas Rahmat menambahkan, "Tempat kami memang tak bagus seperti hotel berbintang, tapi kami upayakan kebersihan, keamanan, kenyamanan teman-teman untuk singgah".

Adapaun fasilitas yang ada di rumah singgah ini adalah 4 kamar mandi, 6 kamar untuk tidur atau istirahat bagi perempuan dan 2 ruangan terbuka/tempat tidur lesehan  untuk laki-laki. Nyaman bukan?

Tidur tanpa harus campur baur dengan lawan jenis. Selain itu ayah dari Rendra ini juga senantiasa mencarikan mobil atau motor untuk disewa oleh para pejalan untuk menjelejahi Banyuwangi dan sekitarnya.

Karena letaknya di depan Stasiun Karangasem membuat Rumah Singgah Banyuwangi ini terbilang sangat strategis. Adapun jarak waktu tempuh menuju tempat-tempat wisata dengan menggunakan kendaraan bermotor ialah Air Terjun Jagir 15 menit, Kawah Ijen 1 jam, Taman Nasional Baluran 1,5 jam, Rumah Apung Bansring 1 jam, Pantai Red Island dan Pantai Mustika 2 jam jika ingin melanjutkan perjalanan ke Bali dan harus ke Pelabuhan Ketapang waktunya sekitar 1 jam perjalanan, strategis bukan?

Ke tempat-tempat kuliner seperti warung nasi Tempong pun juga dekat. Warung Nasi Tempong Mbok Wah hanya sekitar 5 menit saja atau ke Warung Nasi Tempong Mbok Nah di Kertoasri hanya 10 menit.

Jadi, Rumah Singgah Banyuwangi adalah tempat yang tepat bagi kamu yang mau mencari teman jalan di Banyuwangi dan juga menghemat anggaran perjalanan kamu. Ayo angkat raselmu, kita ke Banyuwangi Negeri Sunrise of Java.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar