Jambore Melon di Banyuwangi

By SEMANGAT BANYUWANGI - Juni 09, 2015

Jambore Melon di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) - Sebanyak 15 perusahaan perbenihan hortikultura nasional mengikuti Jambore Varietas Melon di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, 7-9 Juni 2015.

Jambore ini digelar Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian Banyuwangi. Tujuannya untuk mencari varietas terbaruk.

"Dengan adanya Jambore Varietas Melon ini, kami bisa memperbaiki kualitas, sehingga ada peningkatan nilai tawar sesuai keinginan konsumen," kata Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi Ikrori, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Banyuwangi, Senin (8/6/2015).

"Banyuwangi dipilih sebagai lokasi karena prospek hortikulturanya yang baik,” kata Ikrori.

Perusahaan-perusahaan peserta jambore ini mengujicobakan penananaman 63 varietas benih melon unggulannya di Banyuwangi. Varietas itu antara lain varietas Ivory, Lola, Melani 1, SW 411, Kuning bulat, Lucky Star, Melon Apel, Vermelo, Gracia, Eksis F1, Diora, Aramis,  Uranus, Radja, Golden Star, Jitu, Sumo, Aura 1, dan Aura 2.

Ada pula varieas Quick 1, Quick 2, Sweet M10, Kinanti, Melindo 15, Adinda, Devina, Zabra, Legita, M3, ME 01, Kirani, Mega 500, SW 444, Green Flash, SW 405, MAI 119, Galaksi, dan Melindo 10.

Varietas-varietas melon yang dikutsertakan dalam jambore melon ini ditanam mulai 7 April dan tepat dipanen tanggal 7 Juni (60 hari masa tanam). Pengujiannya langsung oleh Direktoral Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian.

"Sembilan varietas melon terbaik direkomendasikan untuk ditanam di Banyuwangi. Indikator terbaiknya adalah dari sisi produksi tinggi dan penyerapannya di pasaran juga bagus," kata Ikrori. (Wir)


Sumber : http://www.beritajatim.com/ekonomi/240199/jambore_melon_di_banyuwangi.html?utm_source=%23info&utm_medium=%23banyuwangi+#.VXaAD9Ltmko

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar