Asyik, Disediakan Layanan KA Mudik Gratis Banyuwangi-Surabaya

By SEMANGAT BANYUWANGI - Juni 17, 2015




Suara.com - PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IX Jember, Jawa Timur, mulai melayani mudik gratis untuk berbagai tujuan sepanjang Banyuwangi hingga Surabaya.

"Penyediaan tiket gratis untuk arus mudik dan balik itu merupakan bentuk kerja sama antara PT. KAI Daop IX Jember dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur," kata Manajer Humas PT KAI Daop IX Jember, Eko Sri Mulyanto, di Jember, Rabu (17/6/2015).

Menurut dia, angkutan mudik gratis di wilayah Daop IX Jember akan dilayani dengan KA Probowangi jurusan Surabaya-Banyuwangi dengan kapasitas sekitar 500 penumpang lebih.

"Angkutan mudik gratis dijadwalkan pada keberangkatan 15-16 Juli 2015 dengan relasi Surabaya-Banyuwangi, sedangkan untuk angkutan arus balik dijadwalkan pada keberangkatan 21 Juli 2015 dengan relasi Banyuwangi Baru-Surabaya," tuturnya.

Pemesanan tiket gratis di wilayah Daop Jember sepanjang Banyuwangi-Pasuruan itu sudah dibuka sejak Senin (15/6/2015) karena pemesanan dapat dilakukan 30 hari sebelum keberangkatan.

"Tiket dapat dipesan atau dilayani H-30 sebelum keberangkatan dan satu pemesan maksimal boleh mendapatkan empat tiket," katanya.

Ia menjelaskan tiket mudik gratis itu tidak bisa dibatalkan atau batal tunda dan pemesan yang melebihi dari empat orang akan dikenai biaya sesuai dengan ketentuan.
"Kami imbau masyarakat memanfaatkan mudik gratis itu dengan sebaik-baiknya karena tiket mudik gratis itu biasanya habis dalam beberapa hari saja," paparnya.

Eko menjelaskan masyarakat yang ingin mendapatkan tiket gratis bisa memesan di stasiun terdekat atau melalui dalam jaringan (online) dengan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

"Pemesanannya hampir sama dengan pemesanan tiket kereta pada umumnya, namun tidak ada biaya bagi pemesan tiket karena mudik gratis itu sepenuhnya ditanggung oleh Pemprov Jatim dan PT KAI," ujarnya.
Masyarakat yang memesan tiket mudik gratis, lanjut dia, harus membawa kartu identitas asli dan fotokopinya seperti kartu tanda penduduk dan kartu pelajar bagi mereka yang belum memiliki KTP.

"Hingga kini sudah tercatat puluhan pemesan tiket mudik gratis, namun saya tidak hafal angkanya dan biasanya tiket tersebut ludes dalam beberapa hari saja," katanya.

Per 1 Juli 2015, pemesanan tiket mudik gratis di Daop IX Jember dapat dilayani di loket 2 Stasiun Jember dari jam 09.00-16.00 WIB dengan waktu istirahat jam 12.00-12.45 WIB. (Antara)

Sumber: http://www.suara.com/news/2015/06/17/152217/asyik-disediakan-layanan-ka-mudik-gratis-banyuwangi-surabaya

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar