Berkat Wisata, Banyuwangi Raih Indonesia’s Attractiveness Award

By SEMANGAT BANYUWANGI - Juni 14, 2015

Berkat Wisata, Banyuwangi Raih Indonesia's Attractiveness Award  
Gulalives.com, BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi meraih penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award dari Tempo Media Group dan Frontier Consulting Group. Penghargaan tersebut memilih daerah-daerah yang memiliki daya tarik melalui sebuah riset yang melibatkan 9.296 pihak, terdiri atas 336 investor dan 8.960 publik. Terdapat empat aspek keatraktifan daerah yang dinilai, yaitu investasi, pariwisata, layanan publik, dan infrastruktur.

Banyuwangi menyabet penghargaan keatraktifan bidang pariwisata. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Jumat malam (12/6). Turut mendampingi CEO Tempo Media Group Bambang Harymurti dan CEO Frontier Consulting Group Handi Irawan. Acara juga dihadiri Wapres Jusuf Kalla.

CEO Frontier Consulting Group Handi Irawan mengatakan, Indonesia’s Attractiveness Award digelar untuk mendorong peningkatan kemajuan dan daya saing daerah. “Sekaligus memberikan inspirasi kepada kepala daerah guna membangun strategi yang lebih terarah di masa mendatang,” ujarnya, sebagaimana dilansir laman resmi Pemkab Banyuwangi.

Penilaian penghargaan itu dilakukan terhadap 508 kabupaten/kota se-Indonesia. Sejumlah kriteria ditetapkan, seperti pertumbuhan PDRB dan pendapatan per kapita yang lebih tinggi dibanding rata-rata serta survei publik dengan ribuan responden. Setelah disaring, ada 112 Kabupaten/Kota yang menjadi nominasi, lalu dinilai lagi melalui sejumlah indeks untuk dipilih sebagai yang terbaik.

Untuk indeks pariwisata, kategori yang ditetapkan antara lain jumlah hotel, jumlah tempat wisata, dan survei responden. Fokus sektor pariwisata antara lain mengukur seberapa besar kontribusi sektor tersebut terhadap peningkatan pendapatan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, sektor pariwisata memang menjadi salah satu fokus pembangunan di Banyuwangi. Berbagai upaya untuk memajukan pariwisata daerah dilakukan demi menaikkan perekonomian daerah. “Banyuwangi menjadikan pariwisata sebagai bagian dari peningkatan ekonomi masyarakat, konsolidasi infrastruktur, dan penguatan budaya,” kata Anas.
Dalam mengembangkan pariwisata, Banyuwangi melakukan diferensiasi dengan memposisikan diri di konsep ecotourism. Konsep ini menyajikan alam dan budaya yang apa adanya sebagaimana kekayaan alam yang dimiliki oleh Banyuwangi. “Di Jawa Timur belum ada daerah yang memosisikan diri di konsep ekoturisme, jadi Banyuwangi punya diferensiasi yang kuat,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan memperpanjang siklus destinasi wisata, Banyuwangi menggelar Banyuwangi Festival sepanjang tahun. Semakin panjang siklus destinasi, maka akan semakin lama pula wisatawan tinggal dan semakin besar pula belanjanya. “Misalnya dari wisata ke Kawh Ijen bisa menikmasti Festival Gandrung Sewu. Setelah menikmati Festival Jazz, bisa berwisata ke Pulau Tabuhan dan seterusnya,” terang Anas.

Untuk mempromosikan pariwisata daerah Banyuwangi juga memanfaatkan teknologi informasi dan media sosial dengan meluncurkan aplikasi pariwisata berbasis android sejak tahun 2014 lalu. Dan baru saja bersinergi dengan Telkomsel meluncurkan aplikasi Banyuwangi In Your Hand.

Dengan berbagai promosi itu, sektor pariwisata di Banyuwangi terus bergeliat menjadi penopang ekonomi masyarakat setelah sektor pertanian dan industri pengolahan. Kunjungan wisatawan domesatik pada 2013 sebesar 901.759 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 14.012. Angka ini terus naik pada 2015 dimana wisdom sebanyak 1.500.735 dan wisman 27.689. 

Menggeliatnya sektor wisata ikut berkontribusi pada meningkatnya pendapatan per kapita masyarakat. Pendapatan per kapita naik tajam 70 persen dari Rp 14,97 juta per orang per tahun pada 2010 menjadi Rp 25,5 juta pada 2014. Pendapatan per kapita Banyuwangi sudah melampaui sejumlah kabupaten lain di Jatim yang sebelumnya selalu di atas Banyuwangi. (DP)

Sumber: http://gulalives.com/2015/06/13/berkat-wisata-banyuwangi-raih-indonesias-attractiveness-award/

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Berkat Wisata, Banyuwangi Raih Indonesia’s Attractiveness Award".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus