Berwisata Ke Banyuwangi? Pulau Tabuhan Tetap Jadi Idola

By SEMANGAT BANYUWANGI - September 08, 2015


Pulau Tabuhan. Para Penelusur pasti mengidamkan tempat yang bagus, bisa maen air, selancar, berjemur kayak bule, serta seru-seruan bersama keluarga, pacar, ataupun sahabat. Buat Para Penelusur cobain Tempat Wisata Pulai Tabuhan, pasti ga akan kecewa karena tempat ini kayak surganya para wisatawan. Berikut beberapa info tentang Pulau Tabuhan. Pulau Tabuhan terletak 20 Km dari pusat kota Banyuwangi, persis di tengah selat Bali yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Bali. Tepat berada di desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, pulau ini memiliki luas sekitar 5 hektar.

Para Penelusur tau yang unik ga dari wisata ini? usut punya usut ternyata Pulau Tabuhan sendiri merupakan sebuah pulau kecil tidak berpenghuni yang berada di wilayah utara Banyuwangi. Untuk mencapai lokasi tersebut harus menyeberang kurang lebih 15 menit dari Pantai Bangsring dengan menggunakan perahu. Di sepanjang perjalanan menuju pulau dengan pantai berpasir putih bersih ini wisatawan bisa menikmati pemandangan menawan gradasi warna laut mulai hijau, biru muda sampai biru tua. Kejernihan air juga bakal memanjakan wisatawan yang gemar berolahraga air seperti snorkling.

Para Penelusur pasti akan puas banget kalo datang kesini, karena ada banyak batu karang, yang menjadi rumah bagi ribuan ikan karang, bunga karang, udang karang, dan tumbuhnya laut. Pulau tabuhan sangat cocok untuk scuba diving, karena airnya sangat jernih dan pemandangan kebun lautnya sangat mempesona. Selain untuk diving Pulau Tabuhan ini juga terdapat berbagai jenis satwa darat pun bisa hidup dengan nyaman di pulau ini. Seperti contoh, burung Maleo yang terkenal dari Pulau Seulawesi selalu bermigrasi di habitat pulau tabuhan.

Para Penelusur juga tau ga kenapa Pulau Tabuhan ini sangat terkenal?, selain buat diving Pulau Tabuhan ini juga biasa dipakai untuk kitesurfing. Kitesurfing adalah olahraga di permukaan air laut, perpaduan antara selancar dan paralayang. Olahraga ini membutuhkan angin berkekuatan besar untuk mendorong layang-layang yang kemudian menggerakkan papan selancar. Pulau ini terkenal karena pada hari Sabtu-Minggu (9-10 Agustus 2014). Pulau seluas 5 hektar ini dianggap sebagai surga baru bagi pecinta olahraga air ekstrim. Jeroen Van Deer Kooij dan Jannah yang merupakan pasangan suami istri owner Bangsring Breeze saat pembukaan acara yang baru pertama kali digelar di Jawa ini mengaku antusias untuk kenalkan Pulau Tabuhan ke level Internasional. Bahkan untuk mengembangkan olahraga ini di Pulau Tabuhan, dia juga berencana akan membuka pelatihan bagi warga lokal maupun wisatawan yang tertarik pada olahraga ini. Warga lokal nantinya diberdayakan untuk mendukung kegiatan ekonomi produktif berbasis pariwisata di Pulau Tabuhan.

Para Penelusur pasti ingin tau kan fakta unik Pulau Tabuhan ini?. Usut punya usut ternyata Pulau Tabuhan yang berada di perairan Selat Bali selama ini merupakan pulau kosong. Pulau seluas 5 hektare ini memiliki kekayaan berupa keindahan alam di bawah laut. Pada 2010, PT Safari International Resort dari Maladewa mengajukan proposal ke Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk mengelola Pulau Tabuhan sebagai kawasan wisata bahari. Perusahaan itu berencana menyewa pulau tersebut selama 30 tahun dengan nilai investasi Rp 100 miliar. Namun rencana itu batal karena Pulau Tabuhan hanya boleh dikelola melalui mekanisme lelang.

Ayo Para Penelusur untuk mulai menelusuri Pulau Tambuhan ini, karena selain keindahan alamnya yang sangat bagus, kalian juga dapat mencoba kitesurfing tapi tetap didampingi dengan yang sudah profesional ya. Tetap semangat, Ayo Telusuri Indonesia!!

Berikut beberapa gambar Tempat Wisata Pulau Tabuhan di Banyuwangi untuk Para Penelusur biar makin penasaran dengan Pulau Tambuhan ini. Selamat Bertelusur…

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar