Berprestasi, Insentif Banyuwangi Meningkat Rp 39,4 M

By SEMANGAT BANYUWANGI - Desember 16, 2015


Banyuwangi (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mendapat penghargaan Daerah Berprestasi Penerima Dana Insentif Daerah. Penghargaan diserahkan simbolis oleh Presiden Joko Widodo kepada 66 kepala daerah penerima DID di Istana Negara, Senin (14/12/2015).

DID merupakan dana insentif dari pemerintah pusat yang diberikan kepada pemerintah daerah yang memiliki kinerja bagus dalam hal keuangan, antara lain memiliki laporan keuangan bagus dan pendapatan asli daerah (PAD) besar.

"Banyuwangi dinilai berhasil atas pengelolaan keuangan daerah dan pencapaian kinerja kesehatan fiskal sehingga layak memperoleh penghargaan ini," kata Penjabat Bupati Banyuwangi Zarkasi.

Banyuwangi memiliki capaian di bidang keuangan daerah, seperti Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK atas laporan keuangan Pemerintah Daerah tiga tahun berturut-turut, penetapan Perda APBD 2015 yang tepat waktu, serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang meningkat.

Banyuwangi juga dianggap bisa mengoptimalkan alokasi dana itu, melalui peningkatan sejumlah kinerja pelayanan publik serta kinerja ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Agus Siswanto mengatakan tahun ini DID Banyuwangi meningkat tajam, yakni menjadi Rp 39,4 milar. "Sebelumnya kita hanya dapat DID berkisar Rp 3 milar-an," katanya. (Wir/kun)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar