Banyuwangi Berhasil Kembangkan Kopi Arabika

By SEMANGAT BANYUWANGI - Desember 08, 2015


Liputan6.com, Jakarta Banyuwangi baru-baru ini dikabarkan berhasil memperoleh penghargaan di bidang pertanian dengan meraih juara II Anugerah Insan Perkopian Tingkat Provinsi Jawa Timur. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jatim kepada Ketua Kelompok Tani (Poktan) Madani Banyuwangi, Samsi, di Hotel Orchid, Malang.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (7/12/2015), Samsi mengatakan bahwa penghargaan yang diraih kelompok taninya karena berhasil melakukan pembibitan kopi jenis arabika dengan tepat. Bibit yang dihasilkan juga dianggap memiliki kualitas yang baik. Hal ini menjadi luar biasa, pasalnya selama ini kopi jenis Arabika bukanlah tanaman yang bisa dibudidayakan di banyuwangi, mengingat iklim Banyuwangi yang lebih cocok untuk budidaya kopi robusta.

Yang lebih menarik, menurut Samsi pembibitan kopi Arabika ini dilakukan di dataran rendah dengan ketinggian 400-450 meter di atas permukaan laut. Padahal biasanya kopi Arabika hanya berkembang dengan baik di dataran tinggi yang ketinggiannya mencapai 700-1.700 meter di atas permukaan laut.

Samsi melanjutkan, keberhasilan lahan kopi Poktan Madani yang letakya berada di Dusun Pringgondani, Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo dan memiliki luas 30 hektar ini, tak lepas dari pendamping Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan, Kabupaten Banyuwangi.

"Mulanya kami bingung ini kopi jenis kopi, lalu konsultasi dengan orang dinas dan diteliti di Pusat Penelitian Kopi di Jember, dan ternyata itu jenis arabica. Lalu, dinas pun mengajak kami untuk mengembangkan bibit jenis tersebut di sini dan membuat demo plotting (demplot) di sini. Mereka memberikan pengarahan agar hasil yang didapat berkualitas. Misalnya kami dibekali cara agar bibit tanaman kopi terhindar penyakit,” cetus Samsi.

Selain pembibitan, lanjut Samsi, Dispertan juga memberikan pengetahuan cara budidaya kopi arabika yang benar. Mulai dari proses pengolahan tanah, pembenihan, pemupukan, pengontrolan hama dan pemangkasan, hingga cara memanen yang benar.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Banyuwangi, Ikrori Hudanto mengatakan pemerintah daerah selalu mendorong petani untuk meningkatkan kualitas tanamannya, agar produktivitas kopinya bisa meningkat.

Ikrori melanjutkan, untuk mendorong kopi jenis arabika menjadi salah satu komoditas kopi yang dihasilkan Banyuwangi, pihaknya juga akan mengembangkan budidaya kopi varietas ini di lahan seluas 200 hektar. Lokasinya berlokasi sama yakni di Dusun Pringgondani, Desa Watukebo, Wongsorejo namun di ketinggian 800-1000 mdpl. “Karena di lokasi ini tersedia tersedia lahan representatif yang sesuai untuk budidaya kopi arabika,”kata Ikrori.

Rencananya, pada musim hujan tahun ini, penanaman tahap pertama akan dilakukan. Sebanyak 100 ribu bibit kopi akan mulai ditanam pada lahan seluas 100 hektare. “Sedangkan 100 ribu bibit lainnya akan ditanam pada tahap ke dua di tahun depan,” tutur Ikrori
Di pasaran permintaan terhadap kopi arabika meningkat dan nilai ekspornya juga lebih tinggi dari robusta. Di musim panen, harga kopi Arabica bisa sampai Rp. 35 ribu/ kilo, sedangkan Robusta hanya Rp. 20 ribu/kilo nya. “Jadi kita ingin Banyuwangi juga bisa menghasilkan Arabika untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi,” ujarnya.

Pihaknya juga akan menggandeng perkebunan-perkebunan besar untuk bermitra dengan para petani agar ada transfer knowledge dari perkebunan besar kepada petani. “Karena saya yakin kalau perkebunan besar itu ilmu dan pengalamannya pasti lebih banyak,” pungkasnya.

Sebagai informasi, selama ini jenis kopi yang dikembangkan di Banyuwangi, baik oleh perkebunan swasta nasional maupun perkebunan rakyat, adalah kopi Robusta. Pada tahun 2014, angka produksi kopi Banyuwangi mencapai 7,99 ribu ton. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 6,91 ribu ton dari luas panen sekitar 8 ribu hektar lebih. Sedangkan pada tahun 2012 dan 2011, angka produksi kopi Banyuwangi berturut-turut sebesar 6,99 dan 7,38 ribu ton.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar