Seputar Situs Ompak Songo Muncar #Banyuwangi

By SEMANGAT BANYUWANGI - Maret 08, 2022

Situs Umpak Songo merupakan salah satu situs peninggalan Kerajaan Blambangan yang memiliki nilai historis tinggi. Situs ini menyimpan sejarah besar terkait eksistensi kerjaan Blambangan pada abad 14 Masehi berdasarkan prasasti Balawi (1227 Saka atau 1305 M). Situs ini juga menjadi saksi bisu perpindahan ibu kota Kerajaan Blambangan saat masa peperangan melawan pasukan VOC Belanda pada abad 18 Masehi.

Situs Umpak Songo terletak di Desa Tembokrejo Kecamatan Muncar. Sekitar 1 KM dari Pura Agung Blambangan, pura terbesar di Kabupaten Banyuwangi. Dahulu situs Umpak Songo memiliki luas sekitar 2 Hektar, namun kini hanya tersisa beberapa meter karena telah dijadikan permukiman penduduk.  

Umpak atau dalam bahasa Indonesia berarti Penyangga Tiang dan Songo berarti Sembilan. Benar saja, ditempat ini dapat ditemui struktur bekas pendapa yang menyisakan sembilan batu dengan lubang di tengahnya, ditempat yang sama juga dapat ditemukan 49 batu besar lainnya. Kesembilan batu inilah yang diduga kuat berfungsi sebagai penyangga tiang Pendapa pada masa kolonial.

Selengkapnya :
https://www.sinergijatim.com/edukasi/pr-2862010532/menilik-situs-umpak-songo-jejak-ibu-kota-kerajaan-blambangan-banyuwangi

Kunjungi Youtube Kita : www.youtube.com/Semangat Banyuwangi

Website : www.semangatbanyuwangi.id

#semangatbanyuwangi
#majesticbanyuwangi
#banyuwangi

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar