Pura Khayangan Jagat Sunya Loka, Pura Megah di Gunung Srawet Banyuwangi

By SEMANGAT BANYUWANGI - Januari 10, 2024


Gunung Srawet sejak dulu memang menyimpan mesterinya tersendiri. Barangkali anda pun pernah mendengar cerita tentang gunung ini beberapa tahun lalu. Hal itulah yang akhirnya juga memantik rasa penasaran kami tentang gunung ini dan coba menyusuri beberapa spot yang ada disekitar.

Ternyata terdapat pura megah di sekitar Gunung Srawet bernama Pura Khayangan Jagat Sunya Loka. Dibangun sekitar tahun 2000an, pura ini menurut informasi merupakan tanah hibah pemerintah desa untuk pusat ibadah umat hindu yang luasnya mencapai sekitar satu hektar.

Berada di Desa Kebondalem Bangorejo, menurut informasi di Channel yt Sunya Loka Official, yang melinggih di pura Khayangan Jagat Sunya Loka adalah Sanghyang Ismoyo atau juga dikenal sebagai Semar. Pada cerita lain pura ini juga merupakan jejak perjalanan suci Mpu Bharada.

Konon, perjalanan suci Mpu Bharada dari Bali ke Majapahit membawa serta Prabu Airlangga dan singgah ke beberapa tempat suci, diantaranya Pura di Gunung Tumpang Pitu dan sekitar Gunung Srawet. Hal inilah yang kemudian melatar belakangi dibangunnya Pura Khayangan Jagat Sunya Loka.

Saat kami menelusuri alam Gunung Srawet yang masih tampak asri ini juga didampingi oleh Mas Bayu, warga lokal yang tanpa disengaja bertemu kami dan turut mengantarkan ke pura Sunya Loka. Namun, belum sempat kami mengucapkan terimakasih ternyata beliau sudah beranjak saat kami tunggu di komplek pemakaman warga yang berada dibawah pura tersebut.

Di Pura Khayangan Jagat Sunya Loka Gunung Srawet Bangorejo juga rutin diadakan upacara keagamaan, khususnya pada Hari Suci Saraswati dan Kuningan serta upacara keagamaan umat hindu lainnya. Dikarenakan tidak bertemu pemangku, mohon maaf kami hanya foto dari bagian luar pura.

Kunjungi Youtube Kita : https://youtube.com/c/SemangatBanyuwangi

www.semangatbanyuwangi.id

#semangatbanyuwangi
#majesticbanyuwangi
#banyuwangi
#gunungsrawet

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar