Berkunjung ke Banyuwangi, Konsulat Jepang : Anginnya Segar

By SEMANGAT BANYUWANGI - Agustus 05, 2015


RADJAWARTA.CO : Konsulat Jendral Jepang untuk Indonesia di Surabaya Yoshiharu Kato mengisinya dengan berlibur di Banyuwangi. Pria yang baru menjabat sebagai Konjen di Surabaya selama tiga bulan ini terkesan dengan suasana alami dan keramahan masyarakat selama dua hari berada di Kota Gandrung.

Kato mengatakan, selama di Banyuwangi dia sempat mengunjungi beberapa tempat mulai pelabuhan Ketapang sampai berkeliling kota Banyuwangi. Di sini, dia menginap di salah satu resort yang terletak di Wongsorejo, tidak jauh dari pusat kota. Dia pun sangat senang dengan suasana yang ada karena masih alami yang berlatar pegunungan dan panorama pantai.

“Anginnya sangat segar dan pelayanannya baik. Orang-orang disini juga sangat ramah,” kata Kato usai bertemu dengan Bupati Abdullah Azwar Anas di Lounge Pemda, Selasa (4/8).

Sebelumnya, kata Kato, dia sudah pernah ke Banyuwangi 22 tahun lalu saat menemani pangeran Jepang yang berkunjung ke Bali. Tapi saat itu dia belum sempat melihat kota ini lebih dekat. Ini yang memicu Kato untuk berkunjung e Banyuwangi.

"Saya ke Banyuwangi sekalian untuk melihat-lihat kembali tempat yang dulu pernah saya lewati bersama Kaisar saat itu. Saya naek ferry, lalu saya coba ingat-ingat tempat yang dulu pernah saya kunjungi saat itu," kenang Kato.

Kato pun mengatakan, keinginan berkunjung ke Banyuwangi juga atas saran mantan Konjen AS di Surabaya, Joaquin Monserrate. “Pak Joacquin sering menyarankan saya untuk datang ke Banyuwangi. Saya pun tambah penasaran. Maka akhirnya saya pun datang kesini,” ujarnya dengan bahasa Indonesia yang fasih.

Dituturkan Kato, di Jepang dia adalah seorang dosen yang mengajar tentang sejarah bangsa Indonesia. Dia juga pernah mengajar tentang sejarah asal usul Banyuwangi kepada mahasiswanya. Jadi dia juga sangat tertarik dengan peninggalan sejarah dan budaya di Bumi Blambangan.

“Kalau ada tamu dari Jepang yang datang ke Surabaya saya pasti akan rekomendasikan untuk mengunjungi Banyuwangi,” pungkasnya. Dia juga menyatakan akan menjembatani peluang kerjasama yang lebih luas lagi antara Jepang dan Banyuwangi di masa mendatang.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar