IPNU Banyuwangi Gelar Menulis Al-Quran Serentak

By SEMANGAT BANYUWANGI - Juli 09, 2015


Banyuwangi (Antara Jatim) - Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menggelar penulisan Al-Quran secara serentak di seluruh kabupaten setempat untuk menyemarakkan Ramadhan 1436 Hijriah.

"Kegiatan menulis Al-Quran sengaja dilakukan secara bersama-sama secara serentak di 24 Kecamatan di Banyuwangi dengan melibatkan sekitar 230 peserta yang telah terdaftar," kata salah satu koordinator acara, Yahya Muzaki, di Banyuwangi, Rabu.

Menurut dia, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengisi bulan suci Ramadhan karena peserta yang menulis ayat suci Al-Quran, maka secara otomatis mereka juga akan membacanya.

"Mungkin kegiatan ini bukan yang pertama, namun penggunaan media twitter dan facebook untuk melakukan koordinasi mungkin bisa dibilang yang pertama kali," tuturnya.

Penggunaan media sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi nilai keunikan kegiatan tersebut karena setiap peserta bisa memantau hasil penulisan dari tempat lain karena mereka mengunggah hasil penulisannya ke media sosial masing-masing seperti twitter dan Facebook.

"Meski berbasis media sosial dan menggunakan tanda pagar (tagar) #YukMenulisAlquran, kegiatan itu sama sekali tidak menargetkan trending topic (TT). Itu hanya untuk menggabungkan foto peserta dan tulisannya," katanya sambil menujukkan akun twitter @UNIquran.

Untuk memudahkan koordinasi, pihak IPNU memasang dua administrasi yang berada di Banyuwangi dan Sekretariat IPNU Banyuwangi yang berada di Genteng.

"Ide ini gabungan dari kegiatan teman-teman dan banyak titik wifi di Banyuwangi yang menjadi salah satu faktor pendukung penulisan Al-Quran serentak itu," paparnya.

Ke depan, selain diunggah di media sosial, rencananya lembaran-lembaran tersebut akan dijilid untuk dijadikan satu. "Insya Allah akan kita jilid, sekalian dikoreksi," katanya.

Salah satu peserta Elok Shofia mengaku tertarik mengikuti kegiatan itu setelah melihat beberapa temannya mengunggah gambar poster kegiatan itu.

"Kebetulan kuliah libur, lalu teman-teman kok banyak yang posting gambar ini, ikutan saja," ucap mahasiswi Unej itu.(*)

Editor: Edy M Yakub

Sumber : http://www.antarajatim.com/lihat/berita/160495/ipnu-banyuwangi-gelar-menulis-al-quran-serentak

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar