Memburu ikan segar di pantai rajegwesi

By SEMANGAT BANYUWANGI - November 02, 2020

Memburu ikan segar di pantai Rajegwesi.

Saat mengunjungi beberapa destinasi wisata selatan Banyuwangi, seperti Sukamade dam Teluk Hijau, tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh, dan salah satu destinasi yang menawarkan hal tersebut adalah Pantai Rajegwesi.

Disini kita dapat menjumpai berbagai aktifitas nelayan tradisional, sekaligus membeli ikan-ikan segar dari mereka untuk dibawa pulang atau dinikmati ditempat sambil memanjakan mata melihat keindahan pantainya.

Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Tepat disekitar pintu masuk pertama kawasan Taman Nasional Meru Betiri dari bagian timur.

Rajegwesi juga merupakan penghubung antara Teluk Hijau dan Sukamade melalui jalur laut yakni dengan perahu nelayan yang dapat disewa, lengkap dengan pengemudinya. Harganya sekitar 50.000,-/orang.

Dinamakan Rajegwesi karena dahulu ditempat ini, Jepang membangun ketahanan lautnya kala itu. Dimana Rajeg dalam bahasa Indonesia berarti Tiang Pancang dan Wesi berarti Besi. Padahal sebenarnya menurut cerita Tiang Pancang tersebut dibuat dari Kayu Jati, yang memiliki kekuatan setara besi.

Kini, tiang pancang tersebut sudah tidak lagi dapat kita temui, berganti dengan karang akibat proses kerosi air laut selama bertahun-tahun.

Terdapat hal menarik lain disini, yakni Pesarean Mbah Agung, dimana masyarakat setempat rutin melaksanakan prosesi nyekar disini. Ada yang tahu informasi lengkapnya? Berikan ulasan dikolom komentar beserta hal menarik lain dari Pantai Rajegwesi.

#semangatbanyuwangi
#banyuwangi

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar