Awali Peringatan Hari Santri, Banyuwangi Gelar Festival Anak Sholeh

By SEMANGAT BANYUWANGI - Oktober 19, 2023

Banyuwangi - Memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2024, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar Festival Anak Sholeh, Rabu (18/10/2023). Acara yang dipusatkan di PP. Mabadiul Ihsan, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari itu menjadi ajang ekspresi keberislaman para pelajar di Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang membuka kegiatan tersebut secara virtual menekankan moral keagamaan menjadi instrumen penting dalam dunia pendidikan.

“Melalui Festival Anak Sholeh ini, saya berharap para pelajar di Banyuwangi memiliki karakteristik kesantrian yang mengedepankan akhlakul karimah,” ungkap Ipuk.

Akhlakul karimah atau budi pekerti luhur, imbuh Ipuk, layaknya dua keping mata uang dengan kemampuan kognitif dalam dunia pendidikan. “Sehingga, tidak hanya kecerdasan kognitif saja yang perlu ditingkatkan, tapi akhlak juga harus ditekankan,” tegasnya.

Peristiwa perundungan dan tindak kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah beberapa waktu lalu, lanjut Ipuk, menjadi salah satu indikator bahwa penanaman akhlak menjadi urgen. 

“Spirit hari santri ini harus dijadikan momentum untuk menata lebih baik lagi pendidikan kita. Mewujudkan para siswa yang cerdas dan berakhlak baik,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Suratno menambahkan, bahwa acara tersebut menjadi aktualisasi pelajar di tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dalam ilmu keagamaan. Di antaranya dengan ajang lomba antar pelajar.

“Lomba-lomba yang diadakan antara lain Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), loomba dai cilik, dan mewarnai keislaman,” rinci Suratno.

Dengan berbagai lomba tersebut, Suratno berharap bisa menjadi ajang untuk menginternalisasi ilmu-ilmu agama yang telah dipelajarinya. “Apa yang diharapkan oleh Ibu Bupati untuk memperkuat akhlakul karimah ini bisa terwujud dengan baik,” harapnya. (*)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar