Gandrung Banyuwangi Pukau Pengunjung Pameran Wisata Terbesar Malaysia

By SEMANGAT BANYUWANGI - Maret 18, 2019


KUALA LUMPUR – Pariwisata Banyuwangi kembali dipromosikan di manca negara. Kali ini, difasilitasi Kementrian Pariwisata, Banyuwangi tampil dalam pameran pariwisata terbesar di Malaysia, Matta Fair. Tari Gandrung yang ditampilkan pun berhasil memukau wisatawan dan pelaku wisata manca negara yang hadir di Matta Fair.

Lokasi pertunjukan Gandrung sangat straategis. Posisinya ada di Hall 1M Putra World Trade Center, Kuala Lumpur. Berdekatan dengan booth papan atas Asia, seperti Taiwan, Korea, Jepang, Thailand serta Tiongkok.

Saat tampil, Gandrung Banyuwangi langsung banjir pujian. Datuk Musa Yusof, Director General of Tourism Malaysia dan Datuk Tan Kok Liang, President of MATTA memberi emoji tiga jempol untuk tarian khas daerah berjuluk Sunrise of Java itu.

“Show yang sangat berkelas. Salut untuk Banyuwangi,” ucap Datuk Musa Yusof.
“Bagus. Sangat bagus. Saya kira traveller Malaysia harus datang ke Banyuwangi untuk melihat dari dekat Tari Gandrung,” timpal Datuk Tan Kok Liang usai menyaksikan penampilan Gandrung.

Di MATTA Fair 2019, penampilan Gandrung Banyuwangi memang sangat berkelas. Suguhannya tak  kalah dengan penampilan sebelumnya di Remarkable Indonesia Fair yang dihadiri oleh 2.000 pengusaha dan masyarakat Chicago, Kentucky, Illinois, dan Minnesota, Amerika Serikat (AS).
Sekitar 15 menit semua pengunjung dari berbagai negara terpukau dengan musik pengiring dan rancaknya Tari Gandrung. Sebagian ada yang sibuk foto. Sebagian lagi terlihat asyik merekam penampilan Gandrung.

Selain menampilkan Gandrungnya, Banyuwangi diberi kesempatan berpameran di sana menawarkan destinasinya selama Matta Fair berlangsung, dari 15-17 Maret 2019.

Dikatakan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas penampilan Tari Gandrung di Malaysia adalah kehormatan dan kebanggaan bagi Banyuwangi. Bagi Anas, ini adalah apresiasi yang tinggi dari pemerintah pusat dan dunia terhadap seni-budaya Banyuwangi.

"Lewat branding Banyuwangi di luar negeri seperti ini, kami berharap bisa mendatangkan turis Malaysia ke Banyuwangi. Apalagi kini ada penerbangan  langsung Kuala Lumpur - Banyuwangi pp,” ujar Anas.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun turut senang dengan penampilan Gandrung di Matta Fair. Menpar mengatakan bahwa pihaknya akan terus memberikan support kepada daerah yang mendorong pariwisatanya terus berkembang.

"Kemenpar akan mendukung daerah yang concern penuh untuk mengembangkan wisata daerahnya, termasuk Banyuwangi. Salah satunya, dengan mempromosikan potensi wisatanya di manca negara," kata Menpar.

Sebelumnya, Kemenpar telah memasarkan Banyuwangi di sejumlah event dunia dengan mem-branding bus di kota tersebut. Mulai di London, di Amerika Serikat, di Rusia saat perhelatan Piala Dunia 2018, dan pameran wisata terbesar dunia di ITB Berlin, Jerman.

”Ini saya sebut menjemput momentum. Timing pas, saat pelaku industri pariwisata, buyers, investor sedang berkumpul di Malaysia. Lewat branding Wonderful Indonesia, kita promosikan beragam pesona Indonesia untuk menggaet turis Malaysia dan Asia ke Indonesia,” pungkas Menpar Arief Yahya. (*)



 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar