Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi Melonjak 60 Persen

By SEMANGAT BANYUWANGI - Juli 22, 2015


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi pada saat libur lebaran meningkat hingga 60 persen dibandingkan hari libur biasa. Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Yanuar Bramuda kepada KompasTravel, Senin (20/7/2015).

"Ada beberapa destinasi wisata yang menjadi target kunjungan wisatawan seperti Pantai Boom, Teluk Hijau dan juga Pulau Merah," kata Bramuda.

Ia menjelaskan, sejak Januari-Juni 2015, destinasi wisata Pulau Merah yang ada di Kecamatan Pesanggaran dikunjungi hampir 160.000 wisatawan."Saat libur biasa wisatawan yang berkunjung sekitar 3.000-4.000 dan libur lebaran ini naik hingga 8.400 wisatawan. Tentunya ini berdampak pada ekonomi masyarakat sekitar yang menyewakan homestay dan juga berjualan makanan dan oleh oleh di sekitar tempat wisata," jelasnya.

Selain itu, Bramuda juga menjelaskan beberapa kegiatan terkait Banyuwangi Festival juga digelar bersamaan dengan musim lebaran seperti kesenian Barong Ider Bumi di Desa Adat Kemiren serta Tari Seblang di Desa Olehsari yang akan digelar selama seminggu lebih sebagai tradisi bersih desa.

"Wisata budaya bisa memperpanjang siklus destinasi sehingga wisatawan bisa lebih lama tinggal di Banyuwangi. Jadi mereka bukan hanya menikmati wisata alam tapi juga wisata budaya yang ada," kata Bramuda.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2015/07/20/110900027/Libur.Lebaran.Kunjungan.Wisatawan.ke.Banyuwangi.Melonjak.60.Persen

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar