Festival Kuwung Banyuwangi

By SEMANGAT BANYUWANGI - Desember 18, 2012

Event : FESTIVAL KUWUNG
Hari/tgl : Sabtu, 22 Desember 2012
Jam : 12.00 – 15.30 WIB
Lokasi : Start di muka Kantor Bupati Banyuwangi
(Rute yang ditempuh tidak kurang sepanjang 2 km dimulai dari muka Kantor Bupati Banyuwangi- PB Sudirman-Susuit Tubun sampai finish di Taman Blambangan)

Diikuti kurang lebih 1000 peserta yang mewakili 24 kecamatan se Kabupaten Banyuwangi.

Pada Festival Kuwung, tiap-tiap kecamatan akan mengangkat berbagai tema berbeda yang mewakili keaslian po

tensi wilayahnya masing-masing. Seperti Kecamatan Rogojampi, Singojuruh, Songgon dan Kabat akan menampilkan fragmen sejarah dengan judul Mendung Langit Kedawung. Kecamatan lainnya seperti Srono dan Muncar akan menampilkan kesenian asli Gandrung, Barong Using, Jaranan Buto dan Reog. Sedangkan penampilan adat seperti Seblang, Kebo-keboan, Petik Laut dan Kemanten Using juga akan dibawakan oleh Kecamatan lainnya.
Tidak hanya itu saja, potensi lokal seperti kerajinan maupun destinasi wisata juga ikut dikemas dalam performance Festival Kuwung. Anyaman Bambu yang menjadi potensi Gintangan, Batik khas Banyuwangi, makanan khas akan ditampilkan dalam parade kreasi unik. Selain itu tidak ketinggalan potensi alam seperti Wisata Agro Kebon Kopi, Belerang dari Kawah Ijen, macan Alas Purwo dan Penyu dari Taman Nasional Sukomade juga akan diperagakan dalam teatrikal yang menawan. Iringan musik khas mulai Hadrah, Kundaran dan Jaranan juga di suguhkan untuk menambah semarak festival otentik Banyuwangi ini.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar