Pemkab Banyuwangi Bangun Ruang Singgah Keluarga Pasien

By SEMANGAT BANYUWANGI - September 10, 2015


BANYUWANGI (BM) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, membangun ruang singgah bagi keluarga pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan dengan nama "Umah Sambang Dulur".

Ruang singgah yang didirikan sebagai tempat untuk menampung keluarga penunggu pasien itu diresmikan Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Rabu (9/9).

Bupati mengatakan bahwa selama ini, para keluarga pasien yang tempat tinggalnya jauh, kesulitan mencari lokasi bermalam. Mereka seringkali turut bermalam di ruang pasien dan di lorong-lorong rumah sakit.

"Ruang ini dibangun untuk memfasilitasi keluarga pasien yang lokasinya jauh. Kasihan kan kalau mereka harus tidur di selasar rumah sakit. Ini salah satu solusi kami memberikan kenyamanan bagi pasien, selain juga kerapian lingkungan rumah sakit," kata Anas.

Ruang singgah ini terdiri atas bangunan dua lantai dengan luas masing-masing 200 m2. Lantai bawah untuk para lelaki, lantai atasnya untuk perempuan. Di setiap lantai, disediakan toilet dan televisi, serta fasilitas penunjang dasar lain.

Sementara itu Direktur RSUD Blambangan dr. Taufik Hidayat, SpAnd menambahkan bahwa fasilitas untuk keluarga pasien ini akan dikenakan biaya penginapan cukup terjangkau yaitu hanya Rp 5.000 per hari.

"Tidak kami gratiskan, tapi kami tetapkan tarif minimal yang terjangkau pasien. Ini agar mereka tertib dan fungsi ruang singgah bisa digunakan bergantian. Biayanya juga kami gunakan untuk merawat kebersihan ruangan," kata Taufik.(ant/dra)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar