Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi

By SEMANGAT BANYUWANGI - Agustus 05, 2020

Masjid Agung Baiturrahman adalah sebuah masjid yang terletak di Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Masjid ini menjadi pusat kegiatan Agama Islam di Kota Banyuwangi.

Latar belakang berdiri dan berkembangnya Masjid Agung Baiturrahman dimulai sejak 7 Desember 1773, hal ini didasarkan pada surat wakaf dari keluarga besar Mas Alit atau Raden Tumenggung Wiraguna I, Bupati pertama Banyuwangi.

Arsip tertua yang dapat ditemukan mengenai wakaf ini adalah surat salinan pernyataan wakaf tertanggal 17 November 1957. Surat ini menyatakan bahwa mereka (para ahli waris) yang masih keturunan dari RT. Wiraguna I alias Mas Alit (bupati Banyuwangi pertama) mewakafkan tanah Masjid Jami' seluas 0,1580 Ha dan tanah kuburan seluas 0,10545 Ha di barat tanah masjid.

Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi mengalami 4 kali renovasi. Renovasi pertama pada tahun 1844, renovasi kedua pada tahun 1971, renovasi ketiga pada tahun 1990, renovasi keempat pada tahun 2005. 💕💕💕

#semangatbanyuwangi 
#majesticbanyuwangi 
#explorebanyuwangi 
#Banyuwangi

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Fotonya bagus kak. Kalau boleh, saya cetak sebagai kartu pos untuk dikirim-kirim boleh? Tidak saya perjual belikan. Makasih kak.

    BalasHapus