Pagelaran Wayang Ajen - Banyuwangi 2017

By SEMANGAT BANYUWANGI - Desember 13, 2017


Dalam rangka memperingati
HARI JADI BANYUWANGI (HARJABA)
yang ke-246 tahun 2017. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyajikan Pagelaran “Wayang Ajen” di Taman Blambangan pada hari SABTU, 16 Desember 2017 (19.00 WIB).

“Wayang Ajen” merupakan Kolaborasi Memikat Pertunjukan Wayang Kayu dengan Ragam Seni-Multimedia dan Teknologi. Sekilas sangat mirip dengan wayang golek. Keduanya memang berasal dari Tatar Sunda tepatnya tradisi budaya Kuningan di Jawa Barat. Akan tetapi, wayang ajen berbeda karena seni pertunjukan ini telah dikembangkan lebih lanjut dan dianggap sebuah terobosan kreatif mengembangkan kesenian wayang di dunia.

“Wayang Ajen” menghadirkan pergelaran eksperimen kreatif wayang golek Sunda yang digarap secara akademis memanfaatkan kolaborasi berbagai media seni serta multimedia dan teknologi yang saling menghargai dan melengkapi (ngajenan).

Bagaimana tidak disebut sebagai perpaduan seni yang melengkapi karena seni bertutur lisan lewat atraksi gerak wayang kayu dipadupadankan harmonis dengan beragam seni tari, tata panggung modern dan bahkan menggunakan audiovisual digital layaknya konser musik yang diminati anak muda.

Alur cerita yang disuguhkan pun bukan hanya saja cerita dari “Mahabarata” dan “Ramayana”, melainkan lebih modern, menyesuaikan realitas dari segi kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. Selama pertunjukan, tidak semata mempertunjukan wayang namun disisipkan juga pertunjukan seni tari serta dakwah dalam segmen tertentu. Tidak itu saja, beberapa wayang ajen menggambarkan tokoh-tokoh besar di Indonesia seperti tokoh politik, artis, dan lainnya dalam bentuk sosok wayang kayu.

So, penasaran kan gimana tampilan wayang ajen yg didalangi oleh “ Ki DALANG WAWAN AJEN “ ini, makanya yuk malmingan ke Taman Blambangan guys !!!
-ada kesenian tradisional Banyuwangi
-ada lawak Banyuwangi juga ..
...
..
.
#banyuwangitourism
#majesticbanyuwangi
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia
#AyokeBanyuwangi
#HarijadiBanyuwangi246

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar