Banyuwangi Festival 2016: dari Seblang hingga Ijen Summer Jazz

By SEMANGAT BANYUWANGI - Maret 12, 2016


Banyuwangi Festival 2016 adalah tontonan penuh warga, keragaman, dan enak dinikmati bagai gado-gado. Inilah festival yang memadukan tradisi dan modernitas.

Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengatakan, tahun ini panitia akan menggelar banyak even musik. Ada Festival Lagu Using. Ada pula Ijen Summer Jazz yang digelar tiga kali dalam setahun. "Acara ini sepenuhnya dihelat Java Banana, dunia usaha yang bergerak di bidang resor. Syukurlah, mulai muncul inisiatif dunia usaha untuk ikut berpartisipasi mempromosikan daerah. Ini tren dan iklim yang bagus,” katanya.

Sejumlah seni tradisi asli Banyuwangi seperti Barong Ider Bumi, Tari Seblang, Tumpeng Sewu, Kebo-keboan, hingga tradisi lomba tahunan perahu layar juga dipertontonkan. Pemkab Banyuwangi menggelar Festival Padi dan Banyuwangi Fish Market Festival untuk menguatkan dan mempromosikan produk pertanian serta perikanan. "Misalnya, bakal ditampilkan beras organik dan beras merah organik. Juga ada Agro Expo yang kami gelar saat durian merah ramai dipanen April nanti," kata Bupati Abdullah Azwar Anas.

Banyuwangi juga akan menjadi tuan rumah Swarna Fest, even fesyenyang digagas Kementerian Perindustrian. Ini acara fesyen yang mengkampanyekan penggunaan warna alam pada bahan tekstil dan kerajian tangan. Acara ini digelar beriringan dengan Banyuwangi Batik Festival.

"Dari sisi sport tourism, ada International Tour de Banyuwangi Ijen, Festival Arung Jeram, Kite and Wind Surfing Competition, International Run, dan Banyuwangi International BMX," kata Yusuf.

Jangan lupa ada pula Festival Toilet Bersih, Festival Sedekah Oksigen, dan Festival Sungai Bersih. "Ada Festival Kuliner yang mengangkat sego cawuk sebagai tema, setelah tahun sebelumnya ada rujak soto dan nasi tempong," kata Yusuf.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar