Siapkan Fakultas Kedokteran, Unair Banyuwangi Buka Prodi Kimia dan Biologi

By SEMANGAT BANYUWANGI - Mei 20, 2016


”Kami membuka jurusan kimia dan biologi yang nantinya bisa menunjang Fakultas Kedokteran yang menyusul akan dibuka di Banyuwangi. Kami buka dua prodi baru itu mulai 2017,” kata Wakil Rektor II Unair Dr. Muhammad Madyan, SE, MSi, M.Fin. Madyan baru saja menandatangani perjanjian pinjam pakai aset dengan Pemkab Banyuwangi untuk kepentingan pengembangan Unair tersebut.
Madyan mengatakan, tiap tahun, peminat Unair Kampus Banyuwangi terus melonjak. Jumlah pendaftar melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mencapai tiga hingga empat kali lipat dari kuota. ”Tahun ini kami yakin jumlah peminat melonjak karena masyarakat berbagai daerah semakin banyak tahu bahwa Unair juga ada di Banyuwangi dengan proses seleksi dan perkuliahan yang sama standardnya dengan kampus kami yang ada di Surabaya,” kata dia.
Pembukaan jurusan baru baik untuk sarjana maupun pascasarjana, imbuh dia, lantaran animo masyarakat luas untuk kuliah di Banywuangi juga semakin meningkat. ”Ternyata banyak calon mahasiswa dari berbagai daerah lebih memilih kuliah di Banyuwangi. Ini salah satu yang menjadi dasar membuka jurusan baru di sini,” ujarnya.
Ke depan, lanjut Madyan, beberapa program studi baru juga dipersiapkan. Di antaranya, pariwisata, radiologi, fisioterapi, matematika, psikologi, komunikasi, dan sastra Inggris untuk program sarjana.
”Riset-riset dan program pemerintah sekarang tidak bisa hanya ditangani Bappeda, kita perlu melibatkan institusi perguruan tinggi. Dari empat prodi yang sudah ada saja, saya lihat banyak mahasiswa Unair Banyuwangi yang sudah membantu masyarakat. Ada mahasiswa kedokteran hewan mendampingi peternak kami. Ada mahasiswa akuntansi yang mendampingi UMKM untuk menerapkan sistem akuntansi sederhana. Ada juga mahasiswa budidaya perairan yang membantu budidaya lele dumbo,” jelas Anas.
Selain itu, kata Anas, dengan pembukaan program S2 di Unair Banyuwangi ini memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas SDM Banyuwangi. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar