Banyuwangi, The Sunrise of Java

By SEMANGAT BANYUWANGI - Mei 28, 2016



Bagi Anda penikmat keindahan sunrise, pantai satu ini jangan sampai Anda lewatkan. Pantai yang memiliki keindahan hamparan pasir hitam yang berada di daerah Jawa Timur mampu mencuri perhatian banyak wisatawan.
            Kota Banyuwangi yang berada di propinsi Jawa Timur, terkenal sebagai kota yang unik namanya. Apakah di kota ini semua airnya harum? Tidak diragukan lagi keindahan pantai yang ada di kota ini. Salah satunya adalah Pantai Boom, pantai yang berada didaerah Kampung Mandar yang memang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jaraknya hanya sekitar 2 km, itu yang membuat Pantai Boom menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika singgah di kota Banyuwangi.
            Dahulu Pantai Boom adalah sebuah pelabuhan yang sangat penting sekali di kota Banyuwangi dan sebagai tempat penghubung antara Banyuwangi dengan Pulau Bali sebelum adanya pelabuhan Ketapang saat itu.
Sehingga jika Anda sampai di Pantai Boom akan ada pemandangan kapal-kapal nelayan yang digunakan sebagai angkutan kendaraan pada masa itu. Selain itu masih terdapat juga tempat pelelangan ikan dan gudang-gudang yang sudah lama sekali tidak terpakai. Sebagai bukti bahwa dahulu sangat pentingnya fungsi dari Pantai Boom bagi masyarakat sekitar. Terutama sebagai lokasi melakukan transaksi perekonomian.
Di pantai ini terdapat dermaga yang biasanya sering digunakan untuk memancing bagi warga sekitar. Jika Anda mendatangi pantai ini diwaktu pagi, suasananya masih sangat sepi sekali terutama jika dihari biasa. Suasana yang tenang dengan suara deburan ombak akan Anda nikmati sambil menunggu penantian melihat keindahan “The Sunrise of Java”.
Mengapa Pantai Boom mendapat julukan “The Sunrise or Java”? Itu karena keindahan pasir hitam Pantai Boom yang hampir sama dengan keindahan pantai di Pulau Bali. Jika Anda orang Jawa, tidak perlu untuk menyeberang jika ingin menikmati keindahan matahari terbit. Setelah menikmati keindahan sunrise, Anda bisa menikmati bermain pasir pantai.Pantai yang saat ini menjadi salah satu objek wisata yang berpengaruh di kota Banyuwangi.
Di Pantai Boom juga terdapat Tugu Inkai, tugu yang didirikan untuk mengenang para peserta yang hilang ditelan ombak pada saat sedang melakukan latihan Karate. Peristiwa tersebut terjadi pada tahun 1982.
            Jika Anda mengunjungi pantai ini di waktu hari libur, akan banyak terdapat pedagang yang mendirikan warung di pinggiran pantai. Yang akan sangat penuh pengunjung jika disaat hari minggu atau hari libur. Selain itu Anda juga bisamenikmati keindahan pantai dengan berkeliling menyewa kuda menyusuri Pantai Boom. Selain itu  di sini juga sudah terdapat jet ski air yang bisa Anda gunakan.
Terlihat pula beberapa kursi panjang yang dilengkapi dengan payung lebar yang berwarna merah, sebagai pelengkap fasilitas berwisata di Pantai Boom ini.
Seandainya Anda bisa berkunjung di waktu malam bulan purnama, Anda akan bisa menikmati pergelaran Padang Ulan di Pantai Boom. Pergelaran ini menampilkan para penari yang membawakan tarian daerah khas Banyuwangi, biasanya para penari ini berasal dari Sendra Tari Rama Lestari.
Padang Ulan adalah sebuah tradisi masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Jika disaat bulan purnama para nelayan akan sangat sepi mendapatkan ikan, yang akhirnya membuat mereka membuat suatu pergelaran hiburan berupa tarian. Tarian yang disuguhkan adalah tari Nyiru, tari Mijil Sebrang, tari Gandrung dan tari Jaranan Buto.
Selain pergelaran Padang Ulan, tarian Gandrung juga sudah memiliki festival yang fenomenal. Festival Gandrung Sewu yang telah menjadi salah satu daya tarik dari kota Banyuwangi telah menjadi kegiatan seni budaya tingkat nasional. Kita bisa menikmati indahnya liuk-liuk tubuh sang penari dengan mengenakan busana serba merah dan ditarikan oleh seribu penari gandrung. Selain adanya festival Gandrung Sewu Pemkab Banyuwangi juga mengadakan festival music jazz yang bertajuk Banyuwangi Beach Jazz Festival yang telah berlangsung selama dua tahun terakhir ini.
Jika Anda akan menuju ke Pantai Boom, letak pantai ini ada di sisi timur kota Banyuwangi. Anda tidak perlu khawatir jika akan berkunjung ke Pantai Boom karena banyak terdapat rambu yang akan memandu Anda menuju ke lokasi.


Tidak akan pernah ada kata puas jika Anda pecinta sunrise, mungkin Anda harus tinggal beberapa saat di kota Banyuwangi. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Boom, Anda akan disuguhkan beberapa hotel dan restoran yang bisa Anda nikmati. Daftar lengkap hotel yang ada di Banyuwangi bisa anda lihat dan pesan di Traveloka.
Dari Pantai Boom menyusuri jalan Gajah Mada, Anda akan menemui hotel Gelora Atlit Banyuwangi Guest House, dengan tempat yang sangat nyaman dan teduh di hotel ini karena masih banyak pepohonan. Lokasi hotel ini bisa Anda tempuh dengan berjalan kaki, fasilitas yang diberikan sudah lengkap. Dengan kamar-kamar yang ber-AC yang telah dilengkapi dengan TV satelit, Wi-Fi, meja dilengkapi dengan tempat duduk serta lemari pakaian.Anda bisa berlama-lama menikmati berwisata di kota Banyuwangi. Selamat berlibur…

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar