Wings Air buka penerbangan perdana Banyuwangi-Surabaya

By SEMANGAT BANYUWANGI - September 21, 2012


 

Banyuwangi (ANTARA News) - Maskapai penerbangan PT Wings Abadi Airlines (Wings Air) akan membuka penerbangan perdana dengan rute Banyuwangi-Surabaya dan Surabaya Banyuwangi, Jawa Timur, pada Kamis (20/9).

Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Djuang Pribadi, Selasa, mengatakan peresmian penerbangan perdana Wings Air di Bandara Blimbingsari Banyuwangi rencananya akan dihadiri oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Sebelumnya rute Banyuwangi-Surabaya PP hanya dilalui oleh maskapai PT Merpati Nusantara Airlines pada sore hari," tuturnya.

Menurut dia, awalnya peresmian Bandara Blimbingsari sebagai bandara komersial pada tanggal 29 Desember 2010 oleh Wakil Menteri Perhubungan, Gubernur Jawa Timur dan Bupati Banyuwangi.

"Saat awal operasi, pesawat yang digunakan adalah jenis Cessna Grand Carravan dengan penumpang sebanyak 9 orang, kemudian Fokker-50 dengan 50 tempat duduk dan sekarang telah beroperasi pesawat MA-60 dengan 56 tempat duduk milik maskapai Merpati Airlines," paparnya.

Maskapai penerbangan Wings Air yang merupakan anak perusahaan PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) akan menerbangi wilayah Banyuwangi dengan rute Surabaya-Banyuwangi dan Banyuwangi-Surabaya dengan menggunakan pesawat komersial jenis ATR 72-500 dengan kapasitas 72 tempat duduk.

Pesawat tersebut merupatan buatan Avions de Transport Regional (ATR) Perancis tahun 2010 yang merupakan "joint venture" antara Alenia Aeronautica dan EADS yang khusus memproduksi pesawat turbo propeller.

Untuk mesin, pesawat ATR 72-500 itu menggunakan mesin Pratt & Whitney 127M dengan jumlah bilah baling-baling sebanyak 6 bilah dan kecepatan jelajahnya mencapai 276 knots atau 511 km/jam, serta memiliki jarak tempuh maksimum 1.500 kilometer.

"Jadwal penerbangan Surabaya-Banyuwangi pada pukul 09.30 WIB dan Banyuwangi-Surabaya pada pukul 10.45 WIB," katanya menambahkan.

Berdasarkan situs resmi Lion Air, tiket pesawat Wings Air dengan rute penerbangan Surabaya-Banyuwangi pada 20 September masih bervariasi, tiket promo harganya sebesar Rp313 ribu, sedangkan tiket ekonomi sebesar Rp379 ribu.
(ANT-070)

Editor: Ruslan Burhani

SUMBER: http://www.antaranews.com/berita/333894/wings-air-buka-penerbangan-perdana-banyuwangi-surabaya

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar