Mengintip Kondisi Asrama Inggrisan Banyuwangi

Tuesday 9 March 2021

Asrama Inggrisan berada di tengah kota, tepatnya di Jalan Diponegoro no. 05 Kelurahan Kepatihan, Banyuwangi. Lokasinya sangat strategis karena berada di barat Taman dan Gesibu Blambangan serta di selatan Pasar Banyuwangi.

Pertama kali di bangun oleh kongsi dagang Inggris, East India Company (EIC) pada 1766, sebagai kantor kecil. Namun, bangunan di lahan seluas satu hektar ini terjadi renovasi dan fungsi berulangkali, terutama saat Kolonial Belanda masuk pada 1767 di Banyualit, dan mulai mengambil alih.

Arsitektur bangunan ini mengadopsi arsitektur Bugis dengan model rumah panggung, karena dulu di pesisir Banyuwangi banyak ditemui orang Bugis. Sampai saat ini, orang dari suku Bugis dan Mandar masih banyak ditemui di Kampung Mandar.

Saat ini, Asrama Inggrisan dijadikan asrama Kodim 0825 Banyuwangi. Namun, hanya sebagian ruangan saja yang terisi, sedangkan masih banyak ruangan yang kosong.

Bangunan dan ruangan yang tidak ditempati, terlihat memprihatinkan. Beberapa sisi bangunan nampak kotor sudah rusak dimakan usia, semisal plafon banyak yang sudah berlubang ataupun jatuh. Tetapi ada juga bagian bangunan yang masih nampak kokoh, seperti pintu, jendela, dan lantai kayu.

Kami berharap bangunan semacam ini mendapat perhatian lebih. Bagaimanapun, Inggrisan akan menjadi saksi sejarah perkembangan Banyuwangi sampai kapanpun.

Kunjungi Youtube Kita : Semangat Banyuwangi

www.semangatbanyuwangi.id