Banyuwangi Berikan Vaksin dan Vitamin Gratis pada Ratusan Hewan Peliharaan

By SEMANGAT BANYUWANGI - Desember 13, 2022

BANYUWANGI - Untuk meningkatkan kesehatan hewan peliharaan, Pemkab Banyuwangi membuka layanan pemeriksanaan kesehatan, serta pemberian vaksin dan vitamin gratis bagi hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing.

Kegiatan yang dikemas dalam Festival Gerakan Obat Cacing dan Anjing Terpadu (GOCAT) tersebut dilaksanakan, di areal Kantor Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan Pangan) Banyuwangi, Selasa (13/12/2022). 

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, memiliki hewan peliharaan saat ini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat. Namun, tak semua pemilik hewan peliharaan paham pentingnya memeriksakan kesehatan hewannya. Kegiatan ini menurut Ipuk sebagai edukasi sekaligus memfasilitasi masyarakat untuk memeriksakan kesehatan hewan peliharaan.

“Dimandikan secara rutin saja belum cukup. Hewan peliharaan juga perlu diberikan vitamin, mineral, vaksinasi, juga obat cacing secara berkala agar kesehatannya tetap terjaga. Jika hewan peliharaanya sehat, orangnya pasti juga sehat," kata Ipuk saat menghadiri kegiatan tersebut.

Plt. Kepala Disperta Pangan Banyuwangi, M. Khoiri, menjelaskan hampir 400 ekor ternak dan peliharaan milik warga dari berbagai wilayah se-Banyuwangi mendapat vaksin. Mulai kucing, anjing, musang, kelinci, dan ternak kecil lainnya.

Ratusan hewan ternak tersebut, kata Khoiri, mendapatkan berbagai layanan sesuai kebutuhannya. Seperti, pemberian obat cacing, vaksinasi rabies, mineral, dan vitamin. Selain itu, hewan ternak ini juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan ringan jika diperlukan.

“Pemeriksaan kesehatan diberikan untuk seluruh ternak yang ikut. Namun untuk obat cacing kita fokus pada kucing dan anjing dengan kuota maksimal 400 ekor,” kata Khoiri.

Selain pemeriksaan kesehatan, pemberian obat cacing gratis, vaksinasi, Festival Gocat juga dirangkai dengan beragam kegiatan menarik. Mulai lomba makan tercepat untuk kucing, lomba badan terberat untuk kucing, hingga lomba fashion show kucing. 

Bupati Ipuk sempat berkeliling menyaksikan langsung seluruh rangkaian kegiatan. "Lucu sekali kucingnya, apalagi dikasih kostum seperti ini," kata Ipuk saat menggendong kucing persia besar yang menjadi salah satu peserta lomba fashion show. Kucing miliki Aprilia Eka ini tampil menggemaskan dengan kostum lengkap ala Gatot Kaca.

Para pecinta binatang pun mengaku sangat terbantu dengan kegiatan ini. Salah satunya, Marcella Jessica tengah memeriksakan kedua anjing miliknya. “Sangat bermanfaat, karena rutin digelar," kata dia. (*)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar