Bupati Ipuk Lepas Keberangkatan 444 Jamaah Calon Haji #banyuwangi

By SEMANGAT BANYUWANGI - Juni 22, 2022

BANYUWANGI- Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melepas keberangkatan 444 Jamaah Calon Haji (JCH) Banyuwangi, Rabu (22/6/2022). Calon tamu Allah SWT tersebut diberangkatkan di depan Kantor Pemkab Banyuwangi dengan menggunakan 10 bus.

Seluruh jamaah diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk selanjutnya diterbangkan menuju tanah suci.

“Momen ini sangat spesial. Ini adalah pemberangkatan haji yang pertama setelah sempat terhenti selama 2 tahun karena pandemi. Selamat untuk bapak ibu semua, selamat menjadi Tamu Allah. Semoga menjadi haji yang mabrur.," kata Ipuk. 

Turut mendampingi Bupati Ipuk, Kapolresta Banyuwangi, AKBP Deddy Fouri Millewa dan Dandim 0825  Letkol Kav Eko Julianto Ramadhan. Sekretaris Daerah Mujiono,  Kepala Kantor Kemenag Banyuwangi M. Amak Burhanuddin  Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi Muh. Yamin, serta Ketua Ikatan Pemandu Haji Indonesia (IPHI), Teguh Sumarno.

Ipuk berpesan, agar para jamaah bisa menjaga diri dan kesehatan selama menjalankan ibadah haji. 

“Di sana bapak ibu akan berkumpul dengan para jamaah haji dari berbagai negara. Jaga diri, lakukan banyak kebaikan. Karena ibu dan bapak ini juga membawa nama bangsa Indonesia,” pesannya.

Ipuk juga menitipkan permohonan agar jamaah senantiasa mendoakan kebaikan untuk Banyuwangi dan Indonesia. 

“Mohon doakan Banyuwangi, Jawa Timur dan Indonesia. Kami sebagai pemimpin, tolong juga didoakan agar senantiasa amanah dan memberikan manfaat bagi warga. Mudah-mudahan Allah selalu menjaga dan merahmati kita semua,” harap Ipuk. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Banyuwangi, Amak Burhanuddin menambahkan, JCH Banyuwangi tahun ini terbagi 2 kloter. 

“Kloter pertama yakni kloter 24 sudah berangkat 19 Juni lalu. Jumlahnya 35, berangkat bareng rombongan Situbondo. Sekarang sudah di tanah suci," kata Amak. 

"Sedangkan yang diberangkatkan hari ini adalah kloter 28 yang masuk ke dalam gelombang kedua, dengan jumlah jamaah 444 orang,” imbuhnya.

Kloter 28 ini, dijadwalkan akan tiba di Surabaya pukul 18.00 WIB malam nanti dan akan dikarantina di Asrama Haji Sukolilo selama 24 jam. Setelahnya mereka akan diberangkatkan langsung menuju Mekkah.

Untuk jadwal pemulangan, kloter 24 akan diberangkatkan pada Senin 1 Agustus mendatang pukul 21.35 WIB. Dan kloter 28 akan diberangkatkan pada Jumat, 5 Agustus 2022 pukul 01.00 WIB.

Terkait persiapan para CJH ini juga telah dilakukan dengan matang. Jamaah sudah menerima informasi seputar kondisi di tanah suci. 

“Kami sudah informasikan suhu udara di Arab Saudi saat ini sedang tinggi, 40 derajat celsius. Kami imbau perbanyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi. Dan untuk keamanan serta kesehatan masing-masing, mereka diminta untuk mengenakan alas kaki  yang layak untuk menghindari melepuh pada kaki,” pungkasnya. (*)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar