Asrama Inggrisan Kepatihan Banyuwangi

By SEMANGAT BANYUWANGI - September 30, 2020



Sebagian besar masyarakat Banyuwangi pasti mengenal atau minimal pernah mendengar nama Asrama Inggrisan, tapi hanya sebagian saja yang pernah melihat langsung bangunan kuno ini. Padahal letak Asrama Inggrisan ini berada di dalam kota Banyuwangi, tepatnya di jalan Diponegoro no. 05, masuk wilayah Kelurahan Kepatihan, Banyuwangi. Letaknya cukup strategis karena berada di sebelah barat RTH Taman Blambangan Banyuwangi.

Selama ini banyak masyarakat Banyuwangi yang beranggapan, karena namanya Asrama Inggrisan, tentunya bangunan tersebut merupakan peninggalan Inggris. Beberapa sumber menyebutkan, sebenarnya Asrama Inggrisan yang membangun adalah pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1776 - 1811.

Menurut sumber lain, bangunan ini dibangun pada tahun 1811 sampai dengan tahun 1816 oleh Letnan Kolonel Meycin S.Y, orang Inggris yang menikah dengan wanita Belanda.

Namun ada juga sumber yang merujuk bahwa masa pembuatannya lebih awal lagi, yaitu antara tahun 1736 - 1757. Menurut sumber ini, “Inggrisan” tersebut dibangun oleh rakyat Blambangan pada masa Pangeran Danuringrat yang merupakan raja ke 2 Blambangan, berkuasa. Awalnya bangunan tersebut merupakan sebuah markas yang bernama Singodilaga.

Enam tahun setelah bangunan itu selesai dibangun, tepatnya tahun 1763 Inggris datang menjajah tanah Blambangan. Seiring dengan bercokolnya Inggris, banyak saudagar Inggris yang datang untuk berdagang di Blambangan. Untuk menampung akomodasi saudagar ini, bangunan markas yang semula bernama Singodilaga dirubah fungsinya menjadi penginapan. Sehingga namanya pun berubah menjadi Lodge atau Loji menurut lidah masyarakat lokal, yang berarti penginapan.

Pasca Indonesia merdeka, "Inggrisan" digunakan sebagai asrama Batalion Macan Putih, kemudian tahun 1949 digunakan sebagai asrama Batalion 510. Dan sekarang Asrama Inggrisan berfungsi sebagai rumah dinas para anggota Kodim 0825 Banyuwangi.

#semangatbanyuwangi 
#majesticbanyuwangi 
#Banyuwangi

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar