Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

By SEMANGAT BANYUWANGI - Februari 21, 2015



Banyuwangi - Banyuwangi dikenal dengan banyaknya tempat wisata pantai. Setelah pantai Pulau Merah dan pantai Teluk Ijo yang dikenal wisatawan, ada lagi pantai yang perlu dikunjungi saat liburan, yakni pantai Wedi Ireng.

Ya.. pantai ini menjadi tempat baru wisatawan. Pantai Wedi Ireng berada di Dusun Pancer, Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran.‎ Atau sekitar 5 Kilometer dari pantai Pulau Merah. 

Nama Wedi Ireng diambil dari bahasa jawa. Wedi artinya pasir, sedangkan Ireng adalah hitam. Meski sepanjang pantai pasirnya terlihat berwarna putih, ‎namun jika diamati, pasirnya lebih hitam dibandingkan dengan pasir di pantai yang lain.



"Dibanding dengan Pulau Merah dan Teluk Ijo, Wedi Ireng ini pasirnya lebih hitam. Makanya masyarakat menamai Pantai Wedi Ireng," ujar Wagino (52), warga Pancer, kepada detikcom, Minggu, (11/1/2015).

‎Jika dilihat, pantai ini mirip sekali dengan pantai Teluk Ijo. Bentuknya seperti huruf 'W'. Namun panjang pantainya lebih panjang pantai Wedi Ireng. Ada 2 sisi pantai yang ada di Wedi Ireng, tapi dipisahkan dengan bebatuan di tengah pantai.

Untuk pemandangan, Pantai Wedi Ireng tidak kalah menarik. Pemandangan pantai dan hijaunya air laut terlihat indah. Apalagi sejauh mata memandang, terlihat Pulau Bedil yang mempesona. Pulau ini terpampang jelas di depan pantai Wedi Ireng.

"Pulau Bedil yang besar itu sangat terlihat, sementara pulau-pulau kecil yang berjejer itu sama seperti Pulau Merah. Itu ada juga yang disebut pelawangan juga," pungkas Wagino.

‎Pantai Wedi Ireng layaknya private beach untuk saat ini. Dibandingkan dengan pantai Teluk Ijo, Wedi Ireng lebih sepi sehingga 'keperawanan' pantai ini sangat terasa. Maklumlah baru beberapa wisatawan yang datang ke pantai ini.

"Kalau sudah di ekspose pasti ramai mas. Mending jangan di ekspose," ujar Dana, warga Jember yang sengaja berlibur di Pantai Wedi Ireng.

(Sumber: http://news.detik.com/surabaya/read/2015/01/11/115743/2799854/475/pantai-wedi-ireng-surga-baru-banyuwangi )









  • Share:

You Might Also Like

0 komentar