Perbaiki Infrastruktur, Pertumbuhan Ekonomi Banyuwangi Lampaui Nasional

By SEMANGAT BANYUWANGI - September 21, 2012

Banyuwangi (beritajatim.com) - Investasi adalah kunci penting pertumbuhan ekonomi. Tiga faktor penting berperan dalam penumbuhan investasi.

Dengan memacu infrastruktur, pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi mencapai 7,22 persen hingga akhir tahun lalu, melampaui pertumbuhan nasional yang hanya 6,4 persen.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menegaskan, untuk memacu investasi, pihaknya melakuan tiga hal. Pertama, perbaikan infrastruktur. Kedua, konektivitas antarwilayah yang sangat penting bagi investor untuk memastikan bisnisnya bisa terintegrasi dari hulu ke hilir.

Ketiga, standardisasi regulasi dan perizinan investasi. Dalam hal ini, Banyuwangi sudah mempunyai Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT).

Anas mengatakan, infrastruktur menjadi prioritas, karena menjadi kunci untuk mendekatkan diri dengan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi nasional dan dunia. Terutama infrastruktur transportasi menjadi salah satu alat penting untuk meningkatkan ekonomi daerah. Aksesibilitas dan mobilitas masyarakat modern semakin tinggi, sehingga membutuhkan sarana untuk mendorong percepatan pengembangan wilayah.

"Teori pembangunan itu yang pertama infrastruktur, kedua infrastruktur, dan ketiga infrastruktur. Itu kunci untuk membangun ekonomi daerah," kata Anas, Kamis (20/9/2012).

Selain bandara, pelabuhan ditingkatkan dengan pemanjangan dermaga. Tahun ini Banyuwangi membenahi dan membangun jalan sepanjang 250 kilometer, lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya 90 kilometer per tahun. (Wir) 

Reporter : Oryza A. Wirawan 

SUMBER : http://www.beritajatim.com/detailnews.php/1/Ekonomi/2012-09-21/147044/Perbaiki_Infrastruktur,_Pertumbuhan_Ekonomi_Banyuwangi_Lampaui_Nasional

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar